Tryout.id

Pengertian Kata Kerja Mental dan Cara Membedakan Ciri Kata Nya Bersama Ladiestory.id

8 Des 2021  |  330x | Ditulis oleh : Admin
Ladiestory.id

Jika masih ingat pelajaran bahasa indonesia yang kita pelajari di sekolah, pasti pernah diajarkan tentang kata kerja yang ada dalam sebuah kalimat. Walaupun kita dulu pernah tahu kata kerja dalam sebuah kalimat, namun masih banyak juga yang belum tahu arti dari kata kerja itu sendiri.

Pengertian Kata Kerja

Pengertian kata kerja atau yang juga disebut sebagai kata verba secara umum adalah suatu kelas kata yang menyatakan suatu tindakan, keberadaan, pengalaman, atau pengertian dinamis lainnya. Dengan kata lain, kata kerja menggambarkan suatu tindakan atau aktivitas yang dilakukan oleh subjek kalimat.

Jika kita masih ingat kata kerja sering sekali kita temukan dalam kalimat yang lengkap dengan mengikuti S.P.O.K (subjek predikat objek dan keterangan) yang benar. Nah setelah kita mengetahui apa yang dimaksud dengan kata kerja, selanjutnya kita akan membahas tentang arti dari kata kerja mental dan cara membedakannya.

Pengertian Kata Kerja Mental

Kata Kerja Mental adalah jenis kata kerja yang mengungkapkan reaksi seseorang terhadap suatu tindakan, keberadaan atau pengalaman. Kata kerja mental dapat disebut juga dengan verba tingkah laku atau behavioral verb, yaitu kata kerja yang menggambarkan suatu tindakan, proses, atau situasi tertentu yang dilakukan oleh subjek.

Kata kerja mental berfungsi sebagai predikat atau inti predikat dalam sebuah kalimat, namun kata kerja mental juga bisa mempunyai fungsi lain. Kata kerja mental juga bisa menunjukkan karakteristik atau sikap penulis. Sebenarnya kata kerja dan kata kerja mental artinya hampir sama dan memang sedikit sulit untuk membedakannya. Untuk itu kita harus lebih mengenal lagi ciri dan juga contoh kata dari sebuah kalimat yang mengandung kata kerja mental.

Ciri-ciri Kata Kerja Mental

Berikut beberapa ciri-ciri kata kerja mental yang dapat kita gunakan sebagai dasar atau landasan untuk mengidentifikasinya:

1. Mempunyai makna sebuah tindakan atau aktivitas, contohnya minum, makan, dll.

2. Mempunyai makna proses, contohnya mencair, melebur, meleleh, dll.

3.  Bisa diikuti dengan kata benda, contohnya: Budi minum menjadi Budi minum teh.

4. Bisa diikuti dengan kata sifat dan keterangan, contohnya: Siti berlari menjadi Siti berlari sangat cepat.

5. Kata kerja ini mempunyai makna kondisi tidak bisa diimbuhi awalan ter, contohnya suka.

6. Bisa didasari kata penyangkalan, contohnya seperti: Rudi bermain air menjadi Rudi tidak bermain air.

Untuk lebih jelas dan lebih tahu tentang apa itu kata kerja mental, sebaiknya anda membuka situs dengan info paling lengkap terutama tentang kata kerja mental di Ladiestroy.id. Karena disana anda akan mendapatkan info pengetahuan secara lengkap, tentang apa itu kata kerja mental, ciri kata kerja mental, hingga contoh dari kata kerja mental yang perlu anda ketahui.

Sebagai contoh kecil kalimat singkat kata kerja mental, diantaranya sebagai berikut;

  • Andi menangis ketika jatuh dari sepeda.
  • Ardi ikhlas dalam menolong orang lain.
  • Bela paham dengan kondisi orang tuanya sekarang.
  • Soleh memikirkan perkataan temannya kemarin.
  • Bachrul memarahi Coki karena berkata kasar.

Itulah pembahasan kita tentang kata kerja mental, yang tentunya akan mengingatkan kita lagi kepada masa sekolah dulu saat ada mata pelajaran bahasa Indonesia. Kembali mengingat masa sekolah dulu memang tidak ada salahnya bukan? Apalagi ini merupakan ilmu pengetahuan yang pasti akan berguna suatu saat nanti, atau ketika kita memberikan pengajaran tentang kata kerja mental kepada anak-anak kita.

Baca Juga: