Hijab.id

Resep Rahasia Nasi Goreng Lezat Khas Abang-Abang Pinggir Jalan

27 Okt 2022  |  161x | Ditulis oleh : Admin
Dapur Umami

Sebagai pecinta kuliner pastinya anda sudah sangat mengenal salah satu makanan khas dari Indonesia yang simple untuk dibuat yaitu nasi goreng. Semua orang pun pasti tahu Cara Membuat Nasi Goreng yang identik dengan nasi berbalut kecap dengan tambahan telur dan suwiran ayam ini. Namun setiap orang yang membuat nasi goreng pastinya akan memiliki perbedaan dari mulai bumbu yang digunakan dan campuran bahan yang digunakan.

Sebagai contoh nasi goreng yang kita beli di abang-abang pinggir jalan, kenapa rasanya selalu enak dan konsisten tidak berubah. Berbeda dengan nasi goreng yang kita buat sendiri, pasti saja ada yang kurang dan rasanya tidak seenak yang dibuat abang-abang nasi goreng yang suka mangkal di pinggir jalan. Lalu apa sebenarnya perbedaan dari nasi goreng yang dibuat abanga-abang dengan nasi goreng rumahan yang kita sering buat?

Perbedaannya bisa saja dari cara membuat nasi goreng tersebut, yang jelas terlihat adalah penggunaan kompor gas. Abang-abang nasi goreng selalu menggunakan kompor dengan semburan api yang lumayan besar, sehingga kuali yang dipakai membuat nasi goreng pun akan cepat panas dan menimbulkan cita rasa berbeda pada nasi goreng yang dibuatnya.

Selain itu, tentu ada resep rahasia yang kita tidak tahu agar nasi goreng abang-abang bisa terasa lebih lezat daripada nasi goreng rumahan yang sering kita buat. Supaya tidak penasaran, berikut rahasia resep dan cara membuat nasi goreng khas abang-abang pinggir jalan;

Nasi Dingin

Pasti banyak yang belum tahu, jika nasi dingin juga bisa berpengaruh pada hasil akhir nasi goreng yang kita buat, inilah kenapa abang-abang nasi goreng tidak pernah menggunakan nasi hangat apalagi dari dalam magicom.

Bahan Gurih

Selanjutnya ada bahan gurih yang ditambahkan pada nasi goreng, bahan gurih ini bisa saja berbeda di tiap daerah dan bisa juga disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Bahan gurih tersebut diantaranya bisa menggunakan kaldu jamur, minyak bawang, udang ebi, hingga terasi. Intinya, supaya nasi gorengnya punya cita rasa khas, unik, dan gurih.

Tumis Sebelum Halus

Rahasia selanjutnya adalah menumis bumbunya terlebih dahulu sebelum menghaluskannya. Mengingat abang-abang tukang nasi goreng butuh banyak bumbu, biasanya mereka membuatnya sekaligus banyak di awal. Jadi, agar bumbu lebih awet dan tidak mudah busuk, maka perlu ditumis terlebih dahulu.

Bahan Pelengkap

Supaya nasi goreng makin mantap, abang-abang nasi goreng pinggir jalan sering menambahkan beberapa bahan pelengkap seperti suwiran daging ayam dan telur dadar atau mata sapi sebagai lauk. Selain itu, ada pula taburan bawang goreng, kerupuk, dan acar atau potongan timun dan tomat untuk cita rasa yang lebih sempurna.

Bumbu Instan

Selain menggunakan bumbu racikan sendiri atau Bumbu Nasi Goreng Pinggir Jalan khas abang-abang nasi goreng, Kita juga dapat menggunakan bumbu instan Sajiku® Nasi Goreng Rasa Pedas (20g). Bumbu ini sudah mengandung semua bumbu untuk nasi goreng, lengkap dengan bahan gurihnya. Jadi, kita tak perlu lagi menghaluskan bumbu apapun.

Cukup menambahkan kecap dan bumbu instan Sajiku® Nasi Goreng Rasa Pedas (20g) setelah memasukkan nasi ke wajan. Rasanya terjamin, khas resep nasi goreng kampung yang selalu bikin ketagihan.

Agar makin mirip nasi goreng abang-abang pinggir jalan, tentunya jangan lupa untuk menyiapkan bahan pelengkapnya seperti telur, kerupuk, dan acar secara terpisah.

Nah, bagi kamu yang penasaran resep nasi goreng lainnya yang juga lezat dan tidak kalah enak dari nasi goreng khas abang-abang pinggir jalan, kamu bisa mencari resep nasi goreng lainnya di Dapur Umami. 

Baca Juga: