MU

Kenali Cara Mengelola Keuangan & Cara Menjadi Investor Untuk Jaminan Keuangan Kamu

27 Sep 2021  |  288x | Ditulis oleh : Admin
Aplikasi Investasi PINA

Merencanakan keuangan untuk masa depan sebaiknya memang kita kelola sejak dini, agar keuangan yang sehat di masa depan bisa tercapai. Banyak yang menganggap remeh soal masalah keuangan untuk dirinya sendiri di masa tua nanti, karena selalu beranggapan selagi ada uang maka bisa dihabiskan. Yang lebih parah lagi jika penghasilan yang kita dapatkan hanya habis begitu saja, tanpa ada tabungan atau pun menyimpan uang tersebut untuk di investasikan.

Usia muda atau remaja adalah waktu  yang sangat pas untuk menyisihkan sedikit penghasilan kita untuk keuangan yang baik di masa depan. Karena kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi di masa tua kita nanti, tanpa ada penghasilan dan tabungan tentu kita baru akan berpikir tentang pentingnya menabung dan berinvestasi. Lalu sebenarnya bagaimana sih Cara Mengelola Keuangan yang baik itu? Supaya di hari tua atau di masa depan kita tidak kekurangan uang dan terjamin kehidupannya.

Caranya bisa kamu coba dengan melakukan 5 hal mengelola keuangan dengan baik dibawah ini;

1. Selalu Siapkan Anggaran Keuangan

Anggaran ini dibutuhkan sebagai sebuah acuan dalam segala perhitungan finansial kamu. Mulai dari pemasukan, pengeluaran, serta kebutuhan untuk berinvestasi dan akses terhadap layanan kesehatan. Dengan memerhatikan anggaran keuangan sebagai salah satu cara mengelola keuangan, kamu bisa menentukan aspek apa saja yang diperlukan dan dibutuhkan untuk saat ini.

2. Belajar Untuk Menabung

Menabung memang membutuhkan niat dari kita sendiri, jika tidak begitu uang lebih yang kita punya pasti akan habis. Mungkin kata menabung ini sudah sangat bosan kita dengan, namun salah satu mengelola keuangan agar baik memang salah satunya dengan menabung.

3. Hindari Berutang

Utang merupakan salah satu kendala dalam menentukan cara mengelola keuangan yang baik. Pasalnya dengan berutang, kamu jadi harus menyisihkan penghasilan kamu untuk mengalokasikannya dalam membayar tagihannya setiap bulan.

4. Buat Catatan Keuangan

Anda juga membutuhkan adanya catatan keuangan dalam menentukan cara mengelola keuangan yang baik. Catatan keuangan ini berguna untuk memberi rincian terhadap pengeluaran kamu dalam sehari-hari atau per bulannya.

5. Menjadi Investor

Setelah melakukan ke 4 hal diatas tentunya sekarang keuangan kamu sudah mulai bisa dikelola dengan baik, selain keempat hal diatas kamu juga bisa mulai mengelola keuangan kamu dengan menjadi seorang investor. Walaupun investor kecil-kecilan tentu itu tidak akan menjadi masalah, yang penting bisa menghasilkan dan menambah pemasukan keuangan kamu saat ini dan di masa depan nanti.

Terus, bagaimana sih Cara Menjadi Investor untuk pemula atau di masa usia muda?

Hal yang terpenting bagi kita sebagai investor pemula yaitu dalam menentukan perusahaan yang akan kita berikan invest, selanjutnya adalah memantapkan diri untuk berinvestasi di perusahaan yang sudah kita anggap baik tersebut. Lalu selanjutnya adalah dengan mempersiapkan diri kita untuk mulai menjadi seorang investor, walaupun pasti ada sedikit keraguan dan ketakutan itu sangat wajar karena kita melakukan investasi untuk pertamakalinya.

Jika masih kurang yakin dengan tindakan kamu yang ingin melakukan investasi, kamu bisa mencari informasi tentang finansial kamu di Aplikasi PINA. Karena PINA adalah sebuah Aplikasi Investasi  Keuangan yang memberimu inspirasi, saran, serta fitur-fitur untuk mengelola keuanganmu dan membangun kekayaanmu dengan mudah. PINA juga akan membantu kamu menentukan berbagai investasi yang baik dan cocok untuk Anda, agar investasi yang kamu pilih bisa mendapatkan keuntungan bukan malah mendapatkan kerugian yang besar.

Berita Terkait
Baca Juga: