RajaKomen

Online Learning & Kuliah Online adalah Metode Belajar Baru di Uhamka

14 Jul 2021  |  121x | Ditulis oleh : Admin
Online Learning & Kuliah Online

Sepertinya para pelajar dan juga mahasiswa harus mulai terbiasa dengan adanya metode pembelajaran baru akibat dari adanya pandemi Covid-19. Perkembangan zaman pun menjadi salah satu faktor adanya metode baru dalam pembelajaran ini. Pembelajaran dengan tidak bertatap muka atau sering disebut dengan online learning.

Online learning adalah metode cara belajar baru yang sudah di terapkan oleh salah satu universitas  di Indonesia yaitu Uhamka. Dengan cara ini setidaknya proses pembelajaran dan perkuliahan mahasiswa tetap bisa berjalan. Apalagi diberitakan bahwa semakin meningkatnya kasus Covid-19 saat ini tentu semmakin tidak menentu saja kapan pembelajaran tatap muka akan kembali di adakan. Inilah pentingnya penerapan metode baru pembelajaran yang di terapkan oleh Uhamka.

Online learning dan kuliah online juga akan sangat membantu bagi mereka yang mempunyai kesibukan dan ingin tetap kuliah meneruskan pendidikannya. Contohnya bagi karyawan dan juga ibu rumah tangga, mereka juga masih bisa kuliah dengan metode ini karena tidak akan mengganggu profesi mereka masing-masing.

Kuliah online atau kuliah non tatap muka ini, memang di rancang agar mahasiswa tidak dituntut rutin datang ke kampus. Kuliah Online juga merupakan salah satu sarana pembelajaran interaktif. Dosen dan mahasiswa dapat berkomunikasi dengan menggunakan media internet. Dosen dapat memberikan materi kuliah, baik berupa file, video, maupun tulisan (teks). Dengan kuliah online, seorang dosen juga bisa mengajar di beberapa tempat secara bersamaan.

Mahasiswa bisa mendapatkan materi perkuliahan berupa file atau bacaan dari dosen yang bersangkutan, mengirimkan pertanyaan kepada dosen mata kuliah tersebut, mengirimkan kontak pada mahasiswa lain, melihat informasi dari dosen yang bersangkutan, dan melakukan ujian pada waktu yang telah ditetapkan.

Kuliah Online berisi Konten Terbuka, yang materi belajarnya dapat digunakan bersama-sama. Kuliah Online juga bisa disebut Pembelajaran Mobile (Mobile Learning). Mahasiswa nantinya bisa mengikuti kuliah di mana saja dan kapan saja, selama mereka memiliki koneksi Internet. Beberapa materi kuliah bahkan dapat di akses walaupun tidak ada koneksi internet. Pada metode ini, mahasiswa tetap memiliki jadwal “tatap muka” bersama dosen.

Itulah metode belajar baru yang bayak diterapkan sekolah mapun universitas di Indonesia saat ini. Walaupun banyak yang menilai metode baru ini kurang maksimal, setidaknya cara inilah yang bisa menyelamatkan dunia pendidikan kita saat ini.

Uhamka sangat mengerti dengan kemajuan teknologi saat ini, ditambah adanya pandemi yang sangat mengganggu jadwal pembelajaran dan perkuliahan. Dengan metode kuliah online di Uhamka tentunya akan sangat membantu mereka para mahasiswa yang masih ingin melanjutkan kuliahnya di masa pandemi seperti sekarang.

Baca Juga: