RajaKomen

Pejuang Kuota Wajib Tahu! Ini Dia Cara Menghemat Kuota Internet Terbaru 2021

27 Agu 2021  |  197x | Ditulis oleh : Admin
Hemat Kuota Internet

Tidak dapat kita pungkiri bahwa yang namanya kuota internet sudah menjadi sebuah kebutuhan penting dalam kehidupan kita. Bayangkan saja jika hp android anda mempunyai spesifikasi tinggi, tapi tanpa kuota internet. Tidak ada gunanya bukan? Sedangkan untuk bermain game atau mendownload saja kita pasti memerlukan kuota internet. Apalagi dimasa pandemi seperti sekarang yang kebanyakan orang sedang berada dirumah saja, tidak adanya kegiatan membuat hp anda menjadi satu-satunya yang bisa menghibur mengusir kebosanan. Kuota internet di hp android kebanyakan memang dipakai untuk mendownload, nonton video, atau yang paling sering adalah digunakan untuk bermain game online.

Saat ini bnayak sekali provider yang menawarkan beragam jenis kuota internet, dari termurah tapi sinyal seadanya, sampai yang termahal dengan kecepatan internet maksimal dan sinyal yang konsisten. Tergantung dari kita saja mau pakai yang mana, tentunya dengan menyesuaikan budget yang kita punya. Tetapi saat ini hampir semua harga kuota internet untuk jangka waktu satu bulan sudah termasuk dalam kategori mahal untuk kalangan masyarakat bawah hingga menengah.

Banyak juga yang kesal karena harga kuota perbulan semakin tinggi, sedangkan kebutuhan internet kita semakin banyak.  Tentu saja ini akan mengakibat kuota akan habis sebelum waktunya selama satu bulan. Karena sebuah kebutuhan, maka mau tidak mau kita harus membeli lagi kuota tersebut. Dan ini sudah masuk dalam kategori pemborosan, apalagi itu terjadi di tanggal tua saat kita belum gajian. Pastinya keuangan untuk kehidupan selama satu bulan tidak akan cukup karena membeli kuota yang habis sebelum waktunya.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut solusinya adalah kita harus menghemat kuota, agar habis pada waktu yang tepat dan tidak akan mengganggu keuangan kita lagi nantinya. Memang belum banyak yang mengetahui cara ini, padahal caranya sangat gampang dan semua orang pasti bisa mempraktekannya.

Karena dengan banyaknya hiburan yang bisa dinikmati melalui internet tentu kita harus pintar-pintar mengatur arus kuota internet kita setiap bulannya agar tidak kehabisan sebelum waktunya yang mengakibatkan tagihan membengkak. Langsung saja ini dia tips atau Cara Menghemat Kuota Internet terbaru 2021:

1. Matikan Auto Download

Fitur auto download ini memiliki keunggulan untuk mempermudah kita mendownload file yang dibutuhkan hp android yang kita punya, akan tetapi kita tidak tahu berapa besaran file tersebut. jika file yang di download terlalu besar maka secara otomatis kuota yang kita punya pun akan tersedot habis.

2. Gunakan Data Seluler

Bagi pengguna facebook pasti sudah tahu, jika membuka beranda kita akan disuguhkan dengan banyak foto dan video yang secara otomatis terbuka. Nah, untuk menghemat kuota sebaiknya gunakan pilihan menggunakan data seluler agar tidak terbuka secara otomatis.

3. Gunakan Aplikasi Versi Lite

Gunakan aplikasi medsos versi lite agar kuota menjadi lebih hemat, aplikasi yang sudah menggunakan versi lite diantaranya adalah facebook, instagram dan line.

4. Turunkan Kualitas Video

Khusus nomer empat ini adalah bagi anda yang suka menonton video di youtube, karena di video youtube kita bisa menurunkan kualitas video tontonan yang kita inginkan untuk menghemat kuota.

5. Hindari Aplikasi Tiktok dan Instagram Dkk.

Karena aplikasi seperti ini akan mengupload sebagian besar adalah berupa video, yang tentu saja akan memerlukan banyak kuota ketika kita membuka aplikasinya.

6. Pergi ke Tempat Gratis Wifi

Cara ini juga bisa dilakukan, walaupun agak sedikit gengsi tapi demi internet gratisan dan menghemat kuota yang kita punya kenapa tidak.

7. Mainkan Game Offline

Ini khusus bagi yang anda yang hobi bermain game online, agar tidak terlalu boros kuota sebaiknya sesekali di selingi dengan bermain game offline.

8. Save Video Untuk Ditonton Nanti

Nah cara ini bisa juga dilakukan terutama bagi anda yang ingin menonton video yang anda sukai. Save dulu saja videonya untuk ditonton nanti ketika ada jaringan internet gratis, baru deh kita bisa menonton video tersebut.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghemat kuota bagi anda yang ingin berhemat dan memastikan kuota satu bulan anda habis di waktu yang tepat. Semoga bermanfaat...terima kasih.

Baca Juga: