RajaKomen

Tips Menghilangkan Rasa Kantuk Ketika Belajar di Kelas

25 Jan 2024  |  99x | Ditulis oleh : Admin
pesantren Al Masoem

Rasa kantuk adalah hal yang wajar dialami oleh semua orang, termasuk ketika sedang belajar di kelas. Namun, rasa kantuk yang berlebihan dapat mengganggu konsentrasi dan membuat Anda sulit memahami materi pelajaran. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menghilangkan rasa kantuk ketika belajar di kelas. Dalam artikel ini kami akan membahas tips dan trik agar kita tidak ngantuk ketika ada di kelas.

Tips Menghilangkan Rasa Kantuk Ketika Belajar di Kelas

Bagi para pelajar, siang hari setelah istirahat sholat dzuhur menjadi momok tersendiri. Bagaimana tidak, fase waktu ini merupakan waktu yang rawan bahkan sangat rawan mengantuk. Maka dari itu rata rata sekolah fullday menjadikan waktu siang hari menjadi pelajaran olahraga atau ekstrakurikuler. Mengingat kegiatan itu dapat meminimalisir para siswa untuk mengantuk. Selain itu ada juga beberapa tips yang mungkin bisa anda lakukan untuk bisa menghilangkan ngantuk sewaktu belajar. Dan berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda coba:

Tidur yang cukup

Tidur yang cukup adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah rasa kantuk. Pastikan Anda tidur selama 7-8 jam setiap malam. Untuk santri pesantren sesuaikan waktu tidur dengan peraturan pesantren. Rata rata pesantren memberikan jam tidur dari jam 10 sampai sebelum waktu subuh. Jika aturan pesantren tidur jam 22.00 WIB maka sesuaikan saja, karena jika kamu tidak mampu menyesuaikan maka jangan aneh jika di siang hari kamu akan merasa ngantuk. 

Makan makanan sehat

Makanan sehat dapat memberikan energi yang Anda butuhkan untuk tetap terjaga. Hindari makanan yang terlalu berat atau berlemak, karena dapat membuat Anda merasa mengantuk. Khusus di siang hari atau waktu istirahat, harus bijak dalam memilih dan membeli makanan.

Minum air putih yang cukup

Dehidrasi dapat menyebabkan rasa kantuk. Pastikan Anda minum air putih yang cukup, terutama saat belajar. Ingat mengantuk dan menguap itu karena oksigen kurang diterima oleh otak, sehingga agar kamu bisa meminimalisir rasa ngantuk, cobalah minum yang banyak jika boleh bawalah air minum dalam kemasan ke dalam kelas.

Beristirahat sejenak

Jika Anda merasa kantuk, cobalah untuk berdiri dan berjalan-jalan sebentar. Anda juga dapat melakukan peregangan atau menguap untuk menyegarkan diri. Jika anda tidak bisa jalan jalan cobalah untuk izin 5 menit saja ke air atau toilet dan mencuci muka dengan air dingin.

Cari tempat belajar yang nyaman

Tempat belajar yang nyaman dapat membantu Anda tetap fokus dan terjaga. Pastikan tempat belajar Anda memiliki pencahayaan yang cukup dan suasana yang tenang. Usahakan juga mendapatkan supply oksigen yang cukup, ini dapat diminimalisir dan dimaksimalkan dengan cara memperbanyak ventilasi udara. 

Hindari penggunaan gawai

Penggunaan gawai dapat membuat Anda semakin mengantuk. Hindari menggunakan gawai saat belajar, kecuali untuk keperluan yang penting.

Jika Anda telah menerapkan tips-tips di atas, namun rasa kantuk masih mengganggu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Dokter dapat membantu Anda untuk mengetahui penyebab rasa kantuk dan memberikan penanganan yang tepat.

Berikut adalah beberapa tips tambahan yang dapat Anda coba:

  • Gunakan musik klasik

Musik klasik dapat membantu Anda untuk tetap terjaga dan fokus.

  • Bersihkan ruangan belajar

Ruangan belajar yang bersih dan rapi dapat membuat Anda merasa lebih nyaman dan terjaga.

  • Berikan motivasi pada diri sendiri

Motivasi diri dapat membantu Anda untuk tetap semangat belajar dan melawan rasa kantuk.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat menghilangkan rasa kantuk ketika belajar di kelas dan belajar dengan lebih efektif.

 

Berita Terkait
Baca Juga: