Tryout.id

Simak 6 Fakta Menarik dan Tidak Terduga Tentang Candi Borobudur

8 Des 2022  |  319x | Ditulis oleh : Admin
Simak 6 Fakta Menarik dan Tidak Terduga Tentang Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan bangunan warisan budaya yang sangat identik di jawa tengah, karena memang letaknya yang berada di salah satu kota di sana yaitu Magelang. Mungkin anda pernah melihatnya secara langsung, bahkan sempat berfoto di sana. Namun banyak yang tidak tahu sejarah atau fakta menarik dibalik Candi Borobudur tersebut, termasuk anda yang pernah mengunjunginya secara langsung.

Berikut beberapa fakta menarik dan tidak terduga tersebut;

Diapit sungai dan gunung

Luas Candi Borobudur sekitar 2.500 m, dan diapit oleh sungai dan gunung di sekitarnya. Seperti Gunung Merapi, Gunung Sindoro, dan Gunung Merbabu serta dua aliran sungai yaitu Sungai Progo dan Sungai Elo. Lokasi yang spesial ini menjadikan Candi Borobudur tidak dibangun di tempat yang sembarangan.

Hampir memakan 100 tahun untuk membangun candi

Tahukah Anda bahwa pembangunan Candi Borobudur kira-kira dilakukan pada abad ke-8 dan ke-9 Masehi? Rupanya, Borobudur adalah peninggalan dari Kerajaan Mataram Kuno yang dibangun saat pemerintahan Raja Samaratungga. Proyek ini selesai dibangun pada tahun 824. Jadi jika ditotal hampir 100 tahun waktu yang dibutuhkan untuk membangun Candi Borobudur.

Ditemukan oleh Gubernur Jendral Inggris

Siapa sangka Candi Borobudur yang terkenal saat ini pernah terbengkalai di tahun 1814? Pada tahun itu, Candi Borobudur di provinsi Jawa Tengah ini ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles. Fakta ini disebutkan pada buku The History of Java, bahwa ia menemukan gundukan batu besar yang tertutup semak dan tanah. Lalu ia akhirnya melakukan pembersihan dan kini Candi Borobudur pun menjadi populer hingga ke mancanegara.

Relief candi berkisah tentang kehidupan Buddha

Jika di total, terdapat sekitar 2.672 pahatan relief yang ada di candi ini. Sekitar 1.460 di antara relief tersebut bercerita tentang kehidupan Buddha mulai dari kelahirannya. Tak hanya itu, terdapat pula sekitar 504 arca Buddha dan 100 saluran air berbentuk patung ikan berkepala gajah.

Candi Borobudur pernah dipugar sebanyak dua kali

Pemugaran awal dilakukan sekitar tahun 1885 oleh pemerintah Hindia Belanda. Namun pemugaran belum selesai dengan sempurna, hanya fokus merawat batu dan patung saja. Lalu pada tahun 1973, pemerintah Indonesia mengajukan pemugaran kepada UNESCO dan pemugaran berjalan sampai tahun 1984. Di tahun 1991, UNESCO pun akhirnya mendaftarkan candi Buddha ini sebagai Situs Warisan Dunia atau World Heritage Sites.

Pernah terkena bencana alam dan bom

Candi Borobudur ternyata pernah beberapa kali terkena imbas dari bencana alam seperti gunung meletus dan gempa. Di tahun 2010, Gunung Merapi Meletus dan candi itu tertutup debu dengan tebal hingga 2,5 cm. Lalu pada tahun 2006 dan 2010, gempa Jogja terjadi sehingga menyebabkan adanya kerusakan kecil pada candi.

Itulah 6 fakta menarik dan tidak terduga mengenai candi borobudur yang menjadi salah satu keajaiban atau warisan budaya dunia yang diakui oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau UNESCO. 

Baca Juga: