Tryout.id

Memahami Pentingnya Literasi Hukum dalam Kasus Hukum Perdata

21 Feb 2023  |  564x | Ditulis oleh : Admin
Literasi Hukum

Mungkin sampai saat ini masih banyak masyarakat atau bisa jadi Anda sendiri tidak mengetahui masalah tentang hukum di negara kita. Untuk itu sebagai warga negara yang baik tidak ada salahnya kita mengetahui dan memahami lebih dalam lagi tentang hukum di Indonesia. Hukum di Indonesia sendiri merupakan seperangkat peraturan yang mengatur perilaku dan hubungan antara individu, masyarakat, dan pemerintah.

Peraturan hukum di Indonesia terdiri dari berbagai jenis hukum yang sudah berlaku sampai sekarang. Peraturan jenis hukum tersebut diantaranya adalah hukum tata negara, hukum perdata, hukum pidana, hukum acara, hukum internasional serta hukum islam. Namun yang akan kita bahas untuk saat ini adalah tentang literasi hukum terutama yang ada pada jenis hukum perdata.

Hukum perdata sendiri sebenarnya merupakan bagian dari hukum yang mengatur tentang hubungan antarindividu atau pihak yang bersifat sipil, baik itu antara individu dengan individu maupun individu dengan badan hukum. Penerapan hukum perdata dapat berlangsung di ruang lingkup keluarga, bisnis, maupun transaksi jual beli. Oleh karena itu, literasi hukum sangat penting dalam memahami hak dan kewajiban dalam hukum perdata.

Sedangkan literasi hukum adalah sebuah kemampuan seseorang dalam memahami dan mengaplikasikan prinsip-prinsip hukum dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kasus hukum perdata, literasi hukum sangat penting karena seseorang harus memiliki pengetahuan dasar tentang hak dan kewajiban yang dimiliki dalam sebuah perjanjian atau kontrak. Selain itu, dengan memiliki literasi hukum yang baik, seseorang juga dapat mencegah terjadinya pelanggaran hukum, baik itu pelanggaran yang dilakukan oleh dirinya sendiri maupun orang lain.

Pentingnya literasi hukum dalam kasus hukum perdata dapat diilustrasikan dengan beberapa contoh, seperti:

Perjanjian Kontrak

Literasi hukum dapat membantu seseorang memahami isi kontrak yang dibuat, seperti hak dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh kedua belah pihak. Selain itu, literasi hukum juga membantu seseorang memahami ketentuan yang tertulis dalam kontrak, seperti cara menyelesaikan sengketa jika terjadi perselisihan antara kedua belah pihak.

Perkawinan

Dalam kasus perkawinan, literasi hukum dapat membantu seseorang memahami hak dan kewajiban yang dimilikinya, seperti hak atas harta benda, hak asuh anak, dan hak perceraian. Dengan memahami hak dan kewajiban dalam perkawinan, seseorang dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi situasi yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Transaksi Bisnis

Literasi hukum sangat penting dalam kasus transaksi bisnis karena seseorang harus memahami hak dan kewajiban dalam sebuah kontrak bisnis, seperti hak untuk mendapatkan pembayaran, hak atas produk atau jasa yang diberikan, serta ketentuan tentang penyelesaian sengketa.

Itulah beberapa contoh atau ilustrasi kasus hukum perdata yang mungkin saja perlu Anda ketahui untuk lebih bisa memahami literasi hukum dalam kasus hukum perdata. Hal ini tentu saja penting agar kita bisa menghindari atau lebih waspada terhadap beberapa pelanggaran kasus hukum perdata yang mungkin bisa saja terjadi dalam kehidupan Anda di kemudian hari.

Dalam sebuah kasus hukum perdata, keputusan yang diambil dapat mempengaruhi hidup seseorang dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, memiliki literasi hukum yang baik sangat berguna untuk seseorang agar dapat memahami hak dan kewajibannya, serta mencegah terjadinya pelanggaran hukum. Selain itu, dengan memiliki literasi hukum yang baik, seseorang juga dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi situasi yang tidak diinginkan dan memperoleh keuntungan yang maksimal dalam sebuah transaksi atau perjanjian.

Baca Juga: