Al Masoem

Apa yang Terjadi pada Tubuh Anda Ketika Anda Makan Oatmeal Setiap Hari?

8 Sep 2022  |  124x | Ditulis oleh : Admin
Apa yang Terjadi pada Tubuh Anda Ketika Anda Makan Oatmeal Setiap Hari?

Oatmeal selama ini memang sering kita dengar sebagai menu sarapan sehat dan baik untuk menjaga kesehatan jantung kita. Makanan berbahan dasar gandum ini memang bisa kita nikmati dengan berbagai cara, kita bisa mengolahnya menjadi makanan batangan atau muffin dan juga bisa memadukannya menjadi adonan wafel. Lalu mengapa banyak para ahli kesehatan yang merekomendasikan oatmeal sebagai menu sarapan pagi? Bagaimana semangkuk gandum sederhana mempengaruhi kesehatan jangka panjang Anda? Inilah yang dikatakan dunia kesehatan tentang mengkonsumsi oatmeal secara teratur.

Anda mungkin akan merasa kenyang lebih lama

Oat adalah sumber serat yang bagus, karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Karena serat memperlambat pencernaan, Anda tidak akan merasa lapar untuk waktu yang lebih lama, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Makan makanan kaya serat bisa membantu menghindari lonjakan dan penurunan kadar gula darah Anda sekaligus mengurangi rasa lapar. "Memakan oat untuk sarapan atau dimasukkan ke dalam makanan yang berbeda sebagai makanan dan camilan adalah cara yang bagus untuk memberi makanan lebih banyak daya tahan dan membantu Anda merasa kenyang lebih lama," kata Maggie Michalczyk, RDN. Menurut Food Data Central USDA, 1 cangkir oatmeal yang dimasak mengandung 4 gram serat, yang merupakan 16% dari nilai harian yang direkomendasikan.

Bagus Untuk Pencernaan

"Oat mengandung jenis serat larut khusus yang disebut beta-glukan," kata Michalczyk. "Beta-glukan membentuk konsistensi seperti gel di usus dan membantu menjaga segala sesuatunya bergerak di saluran pencernaan Anda dan membuat Anda tetap teratur." Ini membantu menggembungkan tinja Anda, membuatnya lebih mudah untuk buang air besar nanti. Plus, memasangkan oatmeal Anda dengan sumber serat tidak larut, seperti irisan apel, kacang, atau blackberry yang tidak dikupas juga dapat membantu menjaga agar segala sesuatunya tetap bergerak di saluran pencernaan Anda dan membuat segalanya lebih mudah disaat BAB.

Risiko Penyakit Jantung Anda Akan Menurun

Memulai pagi Anda dengan semangkuk gandum dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung Anda dengan lebih dari satu cara. Karena kandungan seratnya, oatmeal dapat membantu menurunkan kolesterol LDL "jahat" Anda, menstabilkan kadar gula darah, dan bahkan menurunkan tekanan darah tinggi, semuanya memainkan peran penting dalam meminimalkan risiko penyakit kardiovaskular.

Bakteri Usus Anda Akan Berkembang

Oatmeal juga merupakan makanan prebiotik, yang memberi makan bakteri baik di usus Anda. Mempertahankan bakteri usus yang sehat  juga dikenal sebagai mikrobioma usus Anda, juga akan bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh Anda, meningkatkan suasana hati dan pencernaan Anda, dan membantu menangkal penyakit. Sebuah tinjauan sistematis tahun 2021 yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menemukan hubungan antara konsumsi gandum dan peningkatan kelompok bakteri menguntungkan dalam usus seseorang, menjadikannya sarapan yang ramah usus dan menyehatkan jantung. "Memasukkan berbagai macam makanan nabati seperti gandum juga bermanfaat untuk keragaman usus, yang merupakan aspek penting lain dari kesehatan usus," kata Michalczyk.

Mengendalikan Berat Badan Jadi Lebih Mudah

Seiring dengan manfaat positif ini, penelitian menunjukkan sarapan populer ini bahkan dapat mendukung upaya penurunan berat badan dan pengelolaan berat badan. Menurut ulasan tahun 2021 yang diterbitkan dalam Foods, oat beta-glucan memiliki efek positif pada hiperglikemia, menurunkan kadar lipid darah dan mengurangi berat badan. "Kandungan serat oatmeal mengenyangkan dan mengenyangkan, yang pada gilirannya dapat membantu mengurangi kalori sepanjang hari dan mengatur berat badan Anda," kata Michalczyk. "Beta-glukan juga dapat meningkatkan pelepasan peptida YY, hormon yang diproduksi di usus yang membantu rasa kenyang."

Kesimpulan

Kandungan serat tinggi dan kualitas probiotik oatmeal dapat bermanfaat bagi tubuh Anda dengan lebih dari satu cara. Menjadikan oatmeal sebagai bagian rutin dari menu Anda berpotensi menurunkan risiko penyakit Anda, membantu kesehatan usus Anda, membuat buang air besar lebih mudah dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. 

Baca Juga: